Rabu, 31 Oktober 2012

SEMUR JENGKOL

Add caption
Bagi yang maniak jengkol silahkan langsung di coba di rumah. Ada satu tips agar bau jengkol tidak menyengat yaitu di rebus bersama arang atau kapur sirih, untuk hasilnya bisa di coba sendiri di rumah, Semur Jengkol atau makanan berbahan jengkol kadang di anggap makanan yang tidak elit atau kurang berkelas, padahal yang bilang seperti itu kalau mencoba rasanya pasti ketagihan. Selamat mencoba resep semur jengkol di dapur sendiri.Berikut ini adalah resep lauk pauk untuk membuat semur jengkol. Inilah Resep Untuk Membuat Semur Jengkol yang bisa kamu coba.

Bahan Semur Jengkol

    500 gram jengkol tua
    250 ml santal kental
    3 cm jahe, memarkan
    3 cm lengkuas, memarkan
    1 batang serai, memarkan
    50 ml kecap manis
    50 ml air
    1 sendok teh garam
    1 sendok teh gula merah
    1 sendok makan bawang goreng

Bumbu Halus Semur Jengkol/

    5 butir bawang merah
    3 siung bawang putih
    2 butir kemiri
    2 buah cabe merah

Cara Membuat Semur Jengkol

    Rebus jengkol lalu kupas kulitnya dan pukul-pukul hingga sedikit pecah.
Panaskan minyak goreng kemudian tumis bumbu ( lengkuas, jahe, dan serai ) yang dihaluskan, beri garam, gula pasir dan kayu manis, tumis hingga harum.
Masukkan kecap manis, tumis kembali hingga mendidih.Masukkan jengkol, aduk perlahan. Tambahkan air, masak hingga bumbu meresap dalam jengkol.
Angkat dan hidangkan, sajikan dengan taburan bawang goreng.

Demikianlah Resep Untuk Membuat Semur Jengkol kali ini. Coba juga resep aneka hidangan lauk pauk sebelumnya tentang cara membuat semur daging. Selamat mencoba, Semoga berhasil !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar